Harga Samsung Galaxy A50 Hands On 2019

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A50 – Sebagai Seri A terbaru 2019 ada banyak harapan yang jatuh ke Samsung Galaxy A50. Mungkin ini akan menjadi turunan pertama dari Samsung Galaxy S10 atau lebih tepatnya S10e jika sobat menggunakan basis harga murni untuk menentukannya. Bahkan mungkin S10 + jika Sobat lebih suka membandingkan berdasarkan ukuran. Samsung juga setuju dengan hal itu karena A50 memiliki banyak fitur yang dapat dengan mudah dipamerkan untuk penawaran harga tinggi.

Harga Samsung Galaxy A50

Harga Samsung Galaxy A50

Mari kita bedah Samsung Galaxy A50 satu per satu dan kita mulai dengan apa yang kami rasakan pertama kali saat memegangnya. Solid adalah kata pas untuk menggambarkannya, desainnya terlihat sangat menakjubkan terutama pada bagian pemilihan warnanya. Pihak Samsung dari Korea sendiri menyebut desain belakang barunya sebagai “3D Glasstic”, sebagai kombinasi dari kaca dan plastik. Dan ya, itu bukan Gorilla Glass pastinya, tapi apa pun yang Samsung lakukan dengan desainnya it’s work.

Yah, tentu saja, ini akan menjadi subyektif bagi sobat, tetapi bagian belakang yang melengkung dengan begitu banyak pantulan cahaya pada bodynya membuat kami ingin mengatakannya. Sebenarnya warnanya lebih gelap dan hitam namun karena terlalu banyak cahaya jadi tidak terlalu jelas dan menyebabkan gradasi dari back panelnya, sorry sob.

Review Samsung Galaxy A50

Review Samsung Galaxy A50

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

  • Body:
    • Depan dilapisi Corning Gorrilla Glass,
    • Bahan plastik, Dimensi; 158,5 x 74,7 x 7,7 mm;
    • Peringkat perlindungan Air IP68;
    • Pilihan warna: Hitam, Putih, Biru dan Karang
  • Layar:
    • Luas; 6,4″ Super AMOLED
    • Aspek ratio; 19,5: 9;
    • FullHD + (1080 x 2340 px)
  • Kamera;
    • Belakang: 25 MP, f / 1.7, PDAF; 8 MP, f / 2.2, (ultrawide); 5 MP, f / 2.2, Depth sensor
    • Pengambilan video: 1080p @ 30fps
    • Kamera depan: 25 MP, f / 2.0, fix fokus
  • Chipset: Exynos 9610 Octa (10nm), prosesor octa-core (4xCortex-A73 + 4xCortex-A53),
  • GPU: Mali-G72MP3 GPU.
  • Memori:
    • 4GB RAM + 64GB penyimpanan;
    • 6GB RAM + 128GB penyimpanan;
    • Dukungan kartu microSD hingga 512GB
  • OS: Android 9.0 Pie; Samsung One UI di atas
  • Baterai: 4.000 mAh Li-Ion; Samsung quick charge
  • Konektivitas: Pilihan Dual-SIM / Single-SIM tersedia; LTE; USB 2.0 Type-C; Wi-Fi a / b / g / n / ac;
  • GPS + GLONASS + BDS; Bluetooth 5.0; NFC
  • Lain-lain: Mono speaker, Fingerprint Under Display
Pilihan Warna Samsung Galaxy A50

Pilihan Warna Samsung Galaxy A50

Menggunakan warna warna dengan gradasi atau refleksi memang sangat menarik perhatian apalagi di masyarakat kita, mereka pasti berkata hem apaan tuh cling cling gitu!. Warna warna lainnya pihak Samsung sendiri menyebutnya dengan Coral, tetapi bahkan itu terdengar agak terlalu spesifik mengingat pewarnaan coral sendiri ada banyak jenisnya, akan tetapi jenis ini bolelah sob.

Lanjut ke Bahan dan Built Quality. Kami tahu betul bahwa Sobat akan bilang kok bodynya plastik atau mahal mahal masak plastik, tetapi kami tidak terlalu keberatan dengan bingkai plastik pada Samsung Galaxy A50. Selama ini cukup tahan lama dan kokoh saat terkena benturan dan mungkin itu adalah alternatif yang sangat baik untuk desain “Mirip Kaca” yang populer saat ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Walaupun menggunakan plastik, tetapi bodynya itu sangat solid digenggaman kami. Mungkin sobat jika membelinya mau menutupinya dengan casing transparan biar terlihat seperti kaca dan tidak ketahuan jika itu plastik. Jangan lupa juga ia memiliki sertifikasi IP68 tahan air dan debu.

Berbicara tentang feel saat digenggam, memegang Samsung Galaxy A50 akan langsung akrab jika Sobat memiliki pengalaman dengan ponsel Samsung baru-baru ini. Bagian sisi lancip dan melengkung membuatnya enak digenggam dan membuatnya terlihat ramping. Tombol power dan volume Rocker ada dibagian kanan dan sama aja gak ada pembedanya dan lumayan kliki jika ditekan.

Samping Kanan Samsung Galaxy A50

Samping Kanan Samsung Galaxy A50

Di sisi kiri kami menemukan tidak adanya tombol. Karena tidak terlihat ada tombol khusus untuk bixby seperti di Galaxy S10 kemarin. Namun alngkah baiknya kita masih bisa menemukan audio jack 3,5mm dibagina bawahnya. Untuk bagian tengah bawah ada USB Type-C, cukup kan buat sobat?

Bagian atas ponsel sebagian besar kosong. Tapi begitu juga bagian belakang, hanya ada kamera dan LED flash disana. Lalu bagaimana dengan sensor biometric seperti sidik jari? Tenang jaman sekarang Samsungpun pasti akan ikutan menggunakan fingerprint under display. Yap Samsung Galaxy A50 menggunakan sensor sidik jari dibawah layar dengan ultrasonic, bagus kan.

Fingerprint Under Display Samsung Galaxy A50

Fingerprint Under Display Samsung Galaxy A50

Kami kira ini adalah waktu yang tepat untuk beralih ke bagian layar. Dengan diagonal 6,4 inci, adalah suat pilihan yang tepat jika dibandingkan dengan S10+. Selain dari lebarnya juga ada kebanggaan lain seperti dukungan HDR10 ditambah dengan sisinya sudah melengkung. Yang terakhir masih menjadi perdebatkan bagi banyak orang yakni aspek rationya sedikit berbeda. Dengan aspek ratio 19,5:9 membuatnya sedikit kurang kurus.

Layar Amoled Samsung Galaxy A50

Layar Amoled Samsung Galaxy A50

Resolusinya juga terlihat penurunan ke 1080 x 2340 piksel, untuk kerapatannya hanya 400ppi. Meski begitu, kami merasa layarnya sangat tajam. Bahkan, tampilan gambar terlihat sangat bagus jika dilihat secara langsung. Warnanya muncul, kontrasnya bagus, begitu juga kecerahannya. Setidaknya secara subyektif kami demikian.

Water Drop Notch Samsung Galaxy A50

Water Drop Notch Samsung Galaxy A50

Yap seperti yang sobat lihat Samsung Galaxy A50 menggunakan dewdrop notch, atau samsung menyebutnya dengan Infinity-U. Yah apapun sebutannya tetap saja kita menyebutnya notch bagimanapun bentuknya mau ditengah, lebar atau kecil, panjang atau pendek tetap kita akan butuh waktu untuk membiasakannya. Percayalah dalam waktu seminggu sobat akan terbiasa dengan adanya notch tersebut.

Karena sangat sulit untuk memasukan kamera depan sekaligus membuat bagian depan full dengan layar, setidaknya bagian atas, kanan dan kirinya menggunakan bezel yang cukup tipis. Akan tetapi sobat perlu tahu karena dengan adanya notch tersebut samsung bisa menyematkan kamera selfie beresolusi 25MP dengan bukaan f/2.0. Walaupun menggunakan fix fokus tetapi kita bisa menggunakan efek bokeh dengan bantuan AI pada kamera depan.

Kamera Selfie Samsung Galaxy A50

Kamera Selfie Samsung Galaxy A50

Di bagian belakang, Samsung Galaxy A50 mendapat triple kamera. Cukup menarik memang, karena Samsung mengklaim kamera utamanya ini juga memiliki resolusi 25MP. Alasan kami menemukan ini agak aneh adalah karena kami belum benar-benar melihat kamera seperti itu dismartphone sebelumnya. Sementara itu beberapa perangkat Samsung lainnya seperti Galaxy A9 (2018) dan Galaxy A7 (2018) memiliki 24MP yang sangat mirip, dengan bukaan utama f/2.7.

Lagi pula, ini digabungkan dengan sensor FIX fokus 8MP, f/2.2 ultra-wide dan sensor fokus 5MP, Fix fokus, f/2.2. Itu pasti satu hal yang harus kita uji lebih mendalam nanti.

Hal yang sama juga berlaku tentang chipset Exynos 7 9710 yang ditanamkan pada Samsung Galaxy A50. Ini adalah pertama kalinya kami menemukan 4xCortex-A73 + 4xCortex-A53, yang dipadukan dengan GPU Mali-G72MP3, dengan fabrikasi 10nm. Kami juga berhasil mengambil GeekBench 4 dengan cepat di tempat tersebut, tetapi perlu diingat bahwa ini adalah unit awal dan sobat musti mempertimbangkan hasil awal tersebut.

GeekBench Samsung Galaxy A50 Single Core

GeekBench Samsung Galaxy A50 Single Core

GeekBench Samsung Galaxy A50 Multi Core

GeekBench Samsung Galaxy A50 Multi Core

Harga Samsung Galaxy A50

Harga Baru Update Q1 2019

Oke sob itu adalah hands on Samsung Galaxy A50 dari kami, apabila ada salah kata atau ada yang mau dipertanyakan silahkan langsung menuju kolom komentar dibawah. Kenapa? Karena agar kita lebih tahu apa yang sobat inginkan dan lebih dekat dengan kami para writer di Masalah Tekno, see you guys dan jangan lupa kunjungi youtube kami Masalah Tekno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *